Roda mutasi, promosi dan rotasi bergulir di jajaran Korem 032/Wirabraja Sumbar. Empat Komandan Kodim (Dandim) dan satu Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif), sejak Kamis (30/4), resmi berganti.

 
Empat Dandim dan satu Danyonif yang berganti itu adalah Dandim 0306/50 Kota dari Inf Trisno Widodo kepada Letkol Inf Heri Sumitro.

Letkol Inf Trisno Widodo akan melanjutkan tugasnya sebagai Kasipers/Kasilog Korem 032 Wirabraja, sedangkan Letkol Inf Heri Sumitro sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pembantu Madya (Pabandya) di Kumtaltibprot Spersdam I/BB.

Kemudian, Dandim 0307/Tanahdatar dari Letkol Kav Sutrisno Wibowo kepada Letkol Arm Bagus Tri Kuntjahjo SH.

Letkol Kav Sutrisno Wibowo akan melanjutkan tugasnya sebagai Kasi Pers Korem 033/WP, sedangkan Letkol Arm Bagus Tri Kuntjahjo sebelumnya bertugas sebagai Kasi Pers Rem 051/WKT Dam Jaya.

Selanjutnya, Dandim 0309/Solok dari Letkol Inf Drs M Sigit Saksono kepada Letkol Inf Safta Fermansyah.

Letkol Inf M Sigit Saksono akan melanjutkan tugasnya sebagai Kasmen Arhanud-1/F Dam Jaya, sedangkan Letkol In Safta Fermansyah sebelumnya menjabat sebagai Dansecaba/Gumil Juang Rindam I/BB.

Berikutnya, Dandim Dandim 0319/Mentawai dari Letkol Arh Dedik Ermanto kepada Letkol Arh Fithrizal Setiawan SSos MSc.

Letkol Arh Dedik Ermanto akan melanjutkan tugasnya sebagai Dandim 0207/SML, sedangkan Letkol Arh Fithrizal Setiawan SSos MSc sebelumnya menjabat sebagai Dandenma Pussenarhanud Kodiklat TNI AD.

Dan terakhir, Danyonif 131/Brajasakti dari Letkol Inf Oni Kristiyono Geondong SH kepada Letkol Inf Mujibbuirrahman Hadi SE.

Letkol Inf Oni Kristiyono akan bertugas sebagai Pamen di Kodam I/BB, sedangkan Letkol Inf Mujibbuirrahman Hadi sebelumnya menjabat sebagai Kasi Log Rem 121/Abw Dam XII/Tpr.

Keempat Dandim dan satu Danyonif tersebut, sudah mengikuti upacara serahterima jabatan (sertijab) yang digelar secara militer di lapangan Krida, Yonif 131/Brajasakti, Tiaka, Payakumbuh Timur, Kamis (30/4) lalu.

Upacara itu sendiri dipimpin oleh Danrem 032/Wirabraja Brigjen Widagdo Hendro Sukoco.

Ikut hadir dalam upacara tersebut, Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Suratno SIP, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku, Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, Wakil Wali Kota Payakumbuh Suwandel Muchtar, Wakil Wali Kota Padangpanjang Mawardi, dan para Dandim se-jajaran Korem 032/Wirabraja.

Selain mereka, hadir pula Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Tri Wahyudi, Kapolres Tanahdatar AKBP Nina Febri Linda, Kapolres Padangpanjang AKBP Heru Yulianto, Kajari Payakumbuh Hasbih, pimpinan Bank Nagari Payakumbuh Edrizanof, pimpinan BRI Payakumbuh Andreas Chandra Santoso, serta para pengurus FKPPI, PPM, dan Pemuda Pancasila.

Menurut Danrem 032 Wirabraja Brigjen Widagdo HS, alih tugas dan pergeseran jabatan 4 Dandim plus 1 Danyon, merupakan hal yang biasa, logis, dan harus dilaksanakan suatu organisasi militer modern seperti TNI-AD. Oleh karena itu harus dipahami bahwa pergantian pejabat adalah suatu dinamika organisasi. 

”Alih tugas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya meningkatkan kinerja satuan dan pembinaan organisasi, sekaligus memperluas wawasan dan pengetahuan serta keterampilan di bidang kepemimpinan dan manajerial bagi pejabat itu sendiri,” tegas Brigjen Widagdo HS.

Dalam upacara yang dipimpin Wadanyon 131 Brajasakti Mayor Inf Benni Asman SSos (dalam waktu dekat juga bakal promosi sebagai Kasdim 0309/Solok) tersebut, Brigjen Widagdo HS juga meminta kepada Dandim dan Danyon baru, untuk mewaspadai terjadinya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) di wilayah masing-masing, terutama di wilayah wilayah Kodim 0319/Mentawai dan Yonif 131/Braja Sakti.

Brigjen Widagdo HS yang dikenal dekat dengan para petani di Sumatera Barat ini juga meminta seluruh komandan satuan yang baru, segera menguasai tugas masing-masing.

Sehingga dapat mewujudkan tercapainya ketahanan pangan dan swasembada pangan, sebagaimana program TNI-AD untuk mendukung peme-rintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

”Saya minta seluruh komandan satuan yang baru, tingkatkan pembinaan satuan secara konseptual dan terpadu. Laksanakan pembinaan wilayah dengan harmonis. Jalin kerjasama dengan dengan instansi lintas sektor dan seluruh komponen bangsa lainnya, dengan dilandasi semangat kemanunggalan TNI-Rakyat,” tegas Brigjen Widagdo HS.





Sumber: http://www.koran.padek.co/read/detail/25210
 
Top