MENTAWAI, - Dibawah bimbingan Kodim 0319 Mentawai, siswa-siswi SMA 2 Sipora Mentawai berhasil meraih juara II, lomba PBB tingkat Sumatera Barat, yang diselenggarakan oleh Korem 032 Wirabraja bekerjasama dengan Dispora Sumbar, dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 87 pada tahun ini.

Menurut Dandim 0319 Mentawai, Letkol.Arh; Fitrhizal, tahun sebelumnya hanya mampu masuk dalam urutan 9 dari 15 kabupaten/kota.

“Keberhasilan anak-anak Mentawai pada kegiatan perlombaan baris-berbaris (PBB) ini diharapkan mampu menanamkan kembali sikap disiplin, serta nilai-nilai semangat bela negara kepada seluruh pelajar, sehingga semangat wawasan kebangsaan tidak luntur, yang diakibatkan arus moderenisasiyang terjadi sangat pesat,” harapnya.

Untuk itu, lanjut dia, kita patut bersyukur dengan semangat dan kekompakan generasi muda Mentawai, karena generasi muda adalah sumber aset paling besar yang akan membawa Mentawai lebih maju dan berkualitas di masa yang akan datang.

Disisi lain, kata Fithrizal, perhatian pada generasi muda Mentawai yang berprestasi tidak diperhatikan oleh Pemerintah Daerah, terkhusus para siswa putra-putri Mentawai yang sudah berbuat dengan mengharumkan nama baik daerah.

“Perlu ada dukungan dari pihak Pemda bagi generasi muda, jangan ketika generasi muda Mentawai berhasil dalam mengikuti event, baru kita mengatakan anak anak Mentawai berpertasi. Harus ada jalan keluar dari lingkaran pemikiran seperti itu. Mari kita besarkan nama Mentawai bersama-sama, jangan ingin jalan sendiri-sendiri seperti kodok dalam tempurung ,” ujarnya.

Sebab, lanjut dia, prestasi bukan karena hanya identik semata-mata kemewahan atau fasilitas, tapi kita dituntut terbentuk dalam karakteristik mental nasionalisme. Itu yang terpenting, apalagi momentnya dalam rangka perlombaan baris-berbaris,yang baik.

“Lomba baris-berbaris banyak manfaatnya, diantaranya untuk memperkuat solidaritas sosial dalam kehidupan berbangsa bernegara dan bermasyarakat, karena individualisme bisa terbentuk dengan baik sebagai benteng diri bagi anak anak untuk menghindar dari dampak pengaruh moderenisasi yang kian merebak ditengah-tengah masyarakat, yang cenderung membuat kerapuhan sosial dan hanya menambah kesengsaraan masyarakat,” tegasnya.

Untuk itulah, pemuda Mentawai harus cerdas dan harus bisa menjadi prakarsa untuk menguatkan solidaritas sesama anak bangsa, dan berkarya dengan baik di bidangnya masing masing.
“Pada intinya, dari mulai pembukaan sampai akhir kegiatan lomba baris-berbaris, kita tidak persoalkan ada atau tidaknya dukungan dari pemerintah daerah, yang jelas Kodim mampu membawa harum nama Mentawai ke tingkat Provinsi dalam ajang lomba PBB, demi bumi sikerei yang tercinta ini,” pungkasnya.


Sumber: http://www.konimentawai.or.id/2015/10/sma-2-sipora-raih-juara-ii-pbb-tingkat.html
 
Top