Pelaksanaan tes urine ini dalam rangka program pemerintah yang mencanangkan Indonesia Anti Narkoba dan pemberantasan Narkoba di seluruh komponen masyarakat.kegiatan tes urine seluruh Anggota Kodim 0319 Kabupaten Mentawai dilaksanakan di Aula Makodim 0319 Mentawai pada hari Minggu pukul 19.00 WIB (28/08/16), di ikuti oleh 53 personil Kodim Mentawai dengan hasil negatif,  Kegiatan ini dalam pelaksanaannya bersinergi dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kegiatan ini adalah salah satu upaya serta komitmen Kodim 0319 Kabupaten Kepulauan Mentawai pembina masyarakat untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam memerangi Narkoba.

Tes urine dikomandoi oleh Dandim 0319/Mentawai.Letkol Ahr Fithrizal Setiawan beserta Staff dan para dokter dikerjakan serentak dimulai dari Dandim 0319/Mentawai, Kasdim Para Perwira, Pasi Intel, Staf Kodim dan Danramil serta seluruh anggota Kodim 0319/ Mentawai

Dandim 0319/ Mentawai Letkol Ahr Fithrizal Setiawan, menyampaikan, bahwasannya tes urine dilaksanakan dalam rangka program pemerintah yang mencanangkan Indonesia Anti Narkoba dan Pemberantasan Narkoba diseluruh komponen masyarakat terutama bagi anggota Kodim 0319 Mentawai

“Percuma saja kalau kita menghimbau, mencegah dan melakukan pemberantasan narkoba di kalangan masyarakat kalau tubuh kita saja tidak bersih. Maka dari itu diawali dari diri sendiri dulu baru kita ke masyarakat,” kata Letkol Ahr Fithrizal Setiwan.

Setiap anggota Kodim 0319/ Mentawai selalu diarahkan dan diperingatkan untuk menjauhi apalagi menggunakan narkoba. Apabila ada anggota yang menggunakan atau terindikasi menggunakan narkoba maka tindakan tegas akan diberikan kepada anggota tersebut. “Ini sebagai wujud pencegahan terhadap personil di satuan agar anggota serta keluarganya jangan sampai ada yang terlibat atau melibatkan diri dengan namanya narkoba. Maka akan ditindak tegas bagi yang terlibat,” tegasnya.
 
Top