MENTAWAI - Komandan Kodim (Dandim) 0319 Mentawai tanam pohon cemara udang di Pantai Mapaddegat Desa Tuapejat, (30/03/2019).
Penanaman bibit pohon cemara udang sebanyak 1000 batang Mangrove di tanam sepanjang lokasih wisata pantai Mapaddegat, bersama Musyawara Pimpinan Daerah (Muspika) dan masyarakat setempat.
Dandim 0319 Mentawai Letkol Didit Yusnadi mengatakan, penanaman pohon cemara yang dilakukan sekarang ini, bertujuan 

untuk mengantisipasi abrasi pantai yang ada di Mapaddegat.
Dia menyebutkan pantai Mapaddegat sudah menjadi titik lokasih wisata, yang perlu diperhatikan dan mestinya dijaga dengan baik, termasuk kebersihannya.
"Kedepan pohon yang kita tanam, akan menjadi penahan abrasi dan baik untuk memperindah pantai, yang selama ini dikunjungi oleh wisata lokal bahkan luar negeri, kita jaga dan kita sarankan kepada masyarakat setempat agar selalu menjaga apa yang kita lakukan hari ini," sebut Didit.
Dia menghimbau agar masyarakat tidak merusak tanaman yang sudah ditanam, dan pihaknya akan meninjau perkembangannya sampai pohon itu tumbuh besar nantinya.
"Kalau pohon ini sudah besar sangat besar manfaatnya, Mentawai salah satu zona merah gempa dan Tsunami, mitigasi bencana harus dilakukan salah satunya gerakan penanaman pohon di tepi tepi pantai," ucap Didit.
Selain di Pantai Mapaddegat, pihaknya juga melakukan hal yang sama di wilayah Komando Rayon Militer (Koramil),meliputi Sikakap, Sipora Selatan Sioban, Muara Siberut, dan Sikabaluan, hingga mencapai 1 juta pohon dengan penanaman bertahap, terang Didit. (Tirman)
 
Top