Mentawai – Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya indentik dengan senjata, tapi dengan penemuan cairan bios 44 berguna juga di berikan untuk masyarakat manfaatnya beragam, bisa untuk pertanian, perikanan dan bahkan mencegah kebakaran hutan.


Hal itu di sampaikan anggota Babinsa sipora utara, Kopda. Johan Munthe saat melakukan pembuatan bios 44 bersama prajurit di areal markas Kodim 0319 Mentawai, Jumat (8/3).

Ia mengatakan, pembuatan bios 44 merupakan paduan mikroorganisme akan memperkecil hingga menutup rongga-rongga lahan gambut, nantinya akan di perkenalkan kepada masyarakat untuk pemanfaataannya.
Selain itu bios 44 berfungsi menormailsasi lahan untuk kembali seperti semula, inovasi itu sebenarnya sangat sederhana, sebut Johan Munthe dimana bahan-bahan yang dipakai mudah di dapat seprti air, ragi, susu bubuk, cornet beef dan gula pasir serta pembuatannya sekitar sebulan, tuturnya.
Ia menjelaskan, bios 44 di siram ke lahan gambut bisa menjadi subur, bahkan bisa di tanamai dengan tanaman lain, pada saat musim kemarau lahan tersebut sudah terkunci dan tidak mudah terbakar.
“Prinsipnya cairan bios 44 tidak berbahaya bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya,” kata Johan Munthe.
Tak hanya itu, kata Johan Munthe manfaat bios 44 bisa juga di gunakan untuk pertanian seperti mengurai tanah tandus menjadi subur dan bios juga cocok untuk pengembangan budi daya perikanan serta bisa di gunakan untuk perbaikan bekas lahan tambang hingga peternakan, tukasnya
 
Top