Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan corona virus disease 2019 (Covid -19) gelar  rapat evaluasi, berlangsung di Aula Kantor Bupati Jalan.  Raya Tuapejat Km 05, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kab.kep Mentawai, Provinsi Sumatera Barat,  Kamis (15/4/2021).

Rapat Koordinasi Peningkatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di wilayah daerah Mentawai dipimpin oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, di dampingi Wakil Bupati, diikuti segenap unsur pimpinan Forkopimda Mentawai.

Pada kesempatan itu, Bupati Kab. kep Mentawai menyebutkan, dalam anggaran penanganan Covid-19 harus ekonomis, efisien dan tepat sasaran, terang Yudas.

Ditegaskan Bupati,  penerapan protokol kesehatan Covid-19 oleh masyarakat di daerah Kabupaten kepulauan Mentawai harus diterapkan lagi, dan pemerintah baiknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, sebut Yudas.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten kepuluan Mentawai juga menyampaikan hasil rapat Gubernur Sumatera Barat diantaranya, 

1. Memperkuat posisi menekan perkembangan Covid-19 di setiap daerah

2.Setiap desa menyiapkan 8% anggaran desa untuk penangan Covid-19.

3.Setiap desa menyiapkan posko pemeriksaan setiap warga keluar masuk kampung

4.Melakukan koordinasi dengan polsek, koramil, tokoh masyarakat setempat dalam penanganan covid - 19

5.Menjelang hari raya lebaran akan diterbitkan surat edaran baru covid 19 dengan koordinasi dengan instansi vertikal.

Dandim 0319/Mentawai, Letkol Czi Bagus Mardyanto, dalam rapat tersebut juga  menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan penanganan penularan Covid-19 oleh tim gugus tugas diturunkan sampai tingkat kecamatan.

Kodim 0319/Mentawai dengan Polres dan jajaran TNI-POLRI lainnya, setiap hari,  melaksanakan patroli. Hingga saat ini tetap dilakukan, dan ada penambahan skala dengan tambahan adanya memberikan himbauan kepada masyarakat, ucap Dandim

Dalam rapat tersebut juga disampaikan, terkait dengan tugas pengamatan, pihak Kodim 0319/Mentawai menyarankan yaitu, laksanakan peran tiga pilar, baik itu para Danramil, Kapolsek, Babinsa dan Babinkamtibmas sampai dengan kepala dusun sehingga bisa mengetahui sampai ke bawah pengawasannya.

Wajib melapor, pemudik yang kembali ke wilayah kita, selanjutnya mereka dicek sesuai dengan peraturan yang ada, tegas Dandim.

Turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya, Dandim 0319/Mentawai, Danlanal Kab. kep.mentawai, Wakapolres kep.mentawai, Sekretaris Daerah Kab.kep mentawai, Asisten Pemerintahan & Kesra Setda, Kadis Kesehatan Kabupaten kepuluan Mentawai, Kasat Pol. PP, Kepala dinas BPBD, Kadishub Kab.kep Mentawai, Kadis Kominfo Kab. kep Mentawai, Kadis Dikbud Kab.kep Mentawai, Kadis Pariwisata Kab.kep Mentawai, BAPPEDA, Kabag Hukum,  dan Kabag Humas

 
Top