Babinsa Koramil 01/Sikabaluan melakukan pendampingan panen pisang dan mengecek ketersediaan pangan di wilayah binaannya di Dusun Brambang KecamatanSiberut Utara.

Petani pisang Josua warga setempat menanam pisang yang selama ini bisa menghidupi keluarganya.

Namun ia mengaku selama bulan ramadhan ini, penghasilannya menurun hinga 80 Persen, bahkan buah pisang miliknya mengalami busuk di batang, karena tidak di panen.

Kalau sebelum bulan ramadhan dia bisa memanen pisangnya sampai dengan 500 tandan buah pisang dan di jual melalui agen pisang yang ada di Siberut utara.

Setelah bulan ramadhan sampai hari raya idhul fitri Josua hanya memanen buah pisangnya sebanyak 100 tandan saja, karena tidak ada pemesanan dari padang.

Tapi pada minggu pertama setelah hari raya Idul Fitri ini Josua dan petani pisang lainnya  di Dusun Brambang Siberut Utara banyak mendapatkan pesanan buah pisang dari padang.

Dengan banyak nya pesanan buah pisang dari padang, petani pisang kini tersenyum kembali. Pisang milik mereka sekarang ini terjual habis.

Kehadiran Babinsa Serda Muskandar memberikan support dan motivasi agar para petani tetap bersemangat dalam menjalankan dan meningkatkan produktivitas hasil panen untuk mensukseskan program pemerintah yaitu swasembada pangan.

Serda Muskandar mengatakan sebagai Babinsa harus selalu terjun aktif ke lapangan dan berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam memberikan pendampingan secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses.

“Saya berharap agar terus bersinergi dan memotivasi warga masyarakat dan kelompok tani untuk lebih bersemangat dan giat dalam bertani, diharapkan hasil panen terus meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud terlebih pada saat pandemi covid-19”, ujarnya.

 
Top