Pohon kelapa merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah pantai dan tropis yang dapat dimanfaatkan mulai dari batang pohon sampai ke buahnya. Di desa Sioban, Sipora Utara, pohon ini banyak dapat dijumpai karena posisi desa tersebut berada di pinggir pantai. Sertu Efendi, anggota Koramil 03/Sipora, yang merupakan bintara pembina desa tersebut, melihat banyak potensi yang dapat dikembangkan dari bahan-bahan pohon kelapa. Salah satunya, Sertu Efendi mengajak pengrajin asesoris untuk memanfaatkan bahan bekas tempurung untuk dijadikan kerajinan.

Selain itu juga, Sertu Efendi mengajak serta masyarakat desa Sioban yang belum memiliki pekerjaan tetap karena dampak pandemi, untuk mengikuti proses pembuatan asesoris dari bahan bekas tempurung kelapa. Sertu Efendi mengatakan bahwa Kepulauan Mentawai ini merupakan daerah wisata baik dari mancanegara maupun lokal, sehingga usaha masyarakat pengrajin cinderamata perlu meningkatkan kualitas dan memiliki keunikan khas Mentawai sehingga akan menambah Minat calon pembeli. Babinsa tersebut juga mengatakan bahwa bahan bekas untuk peningkatan kualitas dan keunikan asesoris bisa didapatkan dari sekitaran desa sehingga tidak membutuhkan modal yang banyak.

Produk kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan bekas tempurung seperti lampu hias, asbak rokok, dan pot tanaman hias yang sering digunakan oleh masyarakat lainnya. Hal ini merupakan kegiatan yang akan terus dikembangkan ke depannya agar dapat membantu perekonomian masyarakat.

 
Top