Di sela kesibukan bertugas sebagai prajurit TNI AD anggota kodim 0319/ Mentawai, Serda supardi, yang tinggal di lingkungan asrama kodim Kec.sipora utara kab.kep mentawai tetap melakukan hal-hal positif. Salah satunya memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk menanam sayur mayur.


Berkebun dinilainya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh selama pandemi Covid-19. Selain itu, sayuran juga bagus untuk kesehatan badan. Selebihnya, berkebun sayur bisa untuk menghilangkan penat.


Kebetulan di sekitaran rumah Serda supardi masih terdapat lahan yang kosong, maka lahan kosong itulah yang dimanfaatkan untuk bercocok tanam sayur-sayuran. Tentu saja, aktivitas tersebut dilakukan ketika libur. Layaknya petani, Serda supardi mengolah tanah, kemudian menanaminya dengan aneka sayur.


Serda supardi mengatakan, sayuran yang tumbuh subur di lfahan kosong di rumah nya di antaranya kangkung, bayam dan lainnya. Dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah, lanjut Serda supardi, ada nilai ekonomis yang ia dapatkan.


Banyak manfaat bercocok tanam sendiri. Kita bisa memenuhi kebutuhan sayur-sayuran keluarga, tanpa harus membeli. Terlebih, dengan menanam sendiri, sayuran tersebut lebih terjamin mutunya karena tidak menggunakan pestisida. Saya menggunakan pupuk alam,” katanya, sabptu (19/02/2022).


“Saya memanfaatkan waktu di kala libur dan setelah pulang dari kantor untuk bercocok tanam. Hitung-hitung sambil menghilangkan penat, bisa mendatangkan manfaat,” pungkasnya.

 
Top