Untuk mencegah terjadinya abrasi di sekitar pemukiman warga yang berada di pesisir pantai, Kodim 0319/Mentawai lakukan penanaman magrove.

Kegiatan penanaman magrove ini langsung di pimpin Dandim 0319/Mentawai, Letkol.Inf.Suirwan di hadiri Danramil 04/Sikakap, Danramil 03/Sioban, Danposkamla sikakap, Kapolsek Sikakap diwakili Babinkamtibnas, Danton Satgas Puter beserta anggota, anggota syahbandar sikakap dan Tokoh masyarakat.



“Magrove yang kita tanam ini di kawasan pemukiman warga yang berada di sepanjang pantai Dusun Sikakap Timur, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap” ucap Dandim, Sabtu 18 Maret 2023.

Lanjut di katakan, magrove yang di tanam sebanyak 100 batang, dimana nantinya magrove ini yang akan menahan ketika terjadi abrasi pantai dan masyarakat aman.



Kunjungan ke sikakap yang turun langsung ke lokasi pesisir pantai ini, kata dia dalam rangka menyukseskan Program Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, yakni menanam ratusan pohon mangrove.

“Kegiatan peduli lingkungan hidup ini, kita lakukan bersama aparat gabungan dan masyarakat setempat” ucapnya

Menurut Dandim dengan menanam pohon mangrove di sekitar lokasi bibir pantai, harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengurangi abrasi laut dan tempat berlangsungnya hidup biota laut.

Pasalnya kawasan hutan mangrove adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis makhluk hidup seperti udang, ikan, dan kepiting banyak berkembang biak di kawasan hutan mangrove,” tambahnya.

Dia menyebut, keberadaan pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan kawasan pariwisata serta dapat memberikan dampak ekonomi yang luas.



“Penanaman pohon mangrove merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir pantai sikakap” ucapnya mengakhiri.

 
Top